WWW.NGEMOTOR.COM,
Kemudahaan pengoperasian skuter matik (skutik) membuat sepeda motor jenis ini
banyak diminati oleh masyarakat. Dibalik kemudahannya, kita juga perlu
mengetahui bagaimana perawatan dari tipe motor terlaris ini, salah satunya
dengan mengenal kinerja van belt (V-belt). Komponen ini memiliki peran yang
esensial pada skutik karena berfungsi menghubungkan mesin dan roda.
Penggunaan
v-belt sebenarnya telah memiliki patokan umur optimal pemakaian, namun
penggunaan setiap pengendara berbeda-beda.
Lantas
bagaimana cara agar v-belt skutik kita tetap awet? Berikut tips merawatnya dari
Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) yang dikutip ngemotor.com
di laman resmi Astra pada Rabu (4/8/2021)
Rutin
cek v-belt
Untuk
skutik Honda, v-belt harus dicek berkala pada penggunaan 8.000 Km. Secara
teori, umur pakai komponen ini dapat menyentuh 24.000 Km dan setelah itu harus
dilakukan penggantian. Namun hal tersebut bergantung terhadap gaya berkendara
dari setiap pengendara. Kondisi ruang CVT yang kotor pun juga dapat
memperpendek usia dari vbelt.
Hati-hati
Dalam Menggunakan Aksesoris Balap
Meskipun
aksesoris balap dapat membuat tampilan skutik semakin stylish, namun komponen
yang tidak standar dapat beresiko merusak komponen lain. Untuk keamanan dan
kenyamanan dalam berkendara, maka sebaiknya lebih hati-hati dalam memilih
aksesoris untuk sepeda motor anda. Sehingga secara kualitas pun tetap terjaga.
Penggunaan
Skutik Secara Normal
Saat
posisi skutik sedang langsam atau idle, sebaiknya pengendara tidak memainkan
tuas gas. Ingat, sepeda motor yang anda gunakan bertransmisi matik, sehingga
ketika anda memainkan tuas gas maka v-belt akan mengencang dan menggerakan roda
belakang. Oleh karena itu, penggunaan fitur Idling Stop System (ISS) sangat
disarankan dalam kondisi ini, sebab selain ramah lingkungan juga dapat
memperpanjang umur v-belt skutik anda.
Technical
Service Division AHM Endro Sutarno mengatakan v-belt merupakan komponen yang
sangat penting bagi skutik sebagai penggerak roda. Kinerja mesin yang optimal
tidak akan terasa bagi pengendara apabila v-belt berada dalam kondisi yang
tidak prima.
“V-belt
merupakan komponen yang tidak dapat dilihat langsung kondisinya oleh pengendara
karena berada di dalam CVT, namun perannya sangat penting dalam menunjang
performa skutik kesayangan konsumen Honda. Pengecekan secara berkala di AHASS
sesuai dengan buku panduan servis sangat kami sarankan agar kondisi v-belt
tetap prima dan ditangani oleh teknisi yang tepat,” katanya menambahkan lebih
jauh.